Sekilas mengenai penyakit miom

penyakit miom
penyakit miom

Penyakit miom merupakan salah satu penyakit yang menyerang kaum hawa. Miom merupakan istilah medis untuk tumor yang terdapat pada dinding rahim. Pada awalnya penyakit miom ini hanya berbentuk sel otot yang terdapat di dinding rahim, namun kemudian berubah menjadi tumor dan menempel di otot dinding rahim tersebut. Miom berukuran sebesar kacang polong hingga sebesar sebutir angggur, miom kenyal dan bisa berkembang dengan cepat atau lambat. Pada awalnya miom hanya terdapat satu pad dinding rahim, namun jika didiamkan makan lama-lama akan bertambah dan menjadi banyak. Menurut ilmu kedokteran, menerangkan bahwa sebagian besar kasus miom tidak berbahaya, karena tidak banyak dari miom yang berubah menjadi penyakit kanker seperti kanker serviks.

Gejala Penyakit Miom.
Miom yang masih berukuran kecil, maka gejala nya akan sulit di deteksi atau dirasakan oleh tubuh. Namun apa bila ukuran miom sudah besar, maka akan terjadi gejala sebagai berikut:
• Nyeri pada bagian perut dan pinggul.
• Perut terasa penuh, berat dan terkadang membesar seperti wanita hamil.
• Terasa nyeri pada saat bersenggama.
• Gejala anemia karena kehilangan darah ketika haid tiba.
• Sering buang air kecil karena miom menekan kandung kemih.
• Terjadi tekanan pada panggul.
• Gangguan haid menjadi tidak teratur, terasa nyeri, dan pendarahan tidak normal (lebih banyak atau lebih lama).

Kondisi untuk kehamilan
Kemungkinan untuk terjadinya kehamilan akan semakin kecil apa bila penyakit miom tersebut tumbuh di saluran leher rahim, kerena leher rahim akan menjadi kecil dan menghambat masuknya sperma ke rahim sehingga membuat pembuahan menjadi sulit. Untuk itu penyakit miom tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. Penyakit miom juga akan membuat sulit proses kehamilan, jika tumbuh di dinding rahim karena akan menghambat “penanaman” atau implantasi sel telur yang telah dibuahi di sana. Baca juga artikel mengenai http://www.imhappyfish.com/obat-miom-yang-ampuh-aman/

Kondisi kehamilan yang terdapat miom
Untuk kasus yang satu ini perlu berhati-hati dan di waspadai. Pada trimester pertama dapat membuat ancaman keguguran sebab miom yang membesar akan mendorong embrio sehingga tidak dapat menempel dengan baik pada dinding rahim. Bila kehamilan berlanjut, miom dapat mendesak janin sampai plasenta previa (plasenta tumbuh di bawah rahim) dan pendarahan pada saat proses persalinan.

Itu lah sekilas mengenai penyakit miom, memang penyakit miom tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun jangan juga kita diamkan karena terdapat pada dinding rahim, dan akan sangat mengganggu proses kehamilan apa bila tidak kita hilangkan. Semoga bermanfaat.

sumber : www.uterine-fibroids.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *