Makanan Alami Terbaik Untuk Penderita Asma

Alpukat baik untuk penderita asma

Asma atau sesak napas adalah penyakit yang sulit disembuhkan apabila tidak di terapi dengan rutin dan tepat, dan penyakit mengintai semua usia dari anak balita sampai orang dewasa sekalipun. Gejala yang dialami biasanya sering merasa sesak di bagian dada, seperti ada yang menghalangi jalur pernapasan di tenggorokan dan merasa pusing karena tubuh kekurangan oksigen. Nah, untuk mencegah dan mengurangi resiko asma muncul salah satunya adalah menerapkan pola makan yang sehat. Banyak di sekitar kita makanan alami yang dapat kita masukkan ke dalam menu sehari hari untuk mencegah sekaligus memulihkan penyakit asma yang sering kumat apabila emosi tidak stabil atau cuaca dingin. Antara lain sebagai berikut:

  1. Alpukat, ya buah ini tidak hanya terkenal untuk kecantikan kulit, tapi juga untuk penderita asma, karena kandungan zat L-Glutathione yang terdapat didalamnya berfungsi untuk meredakan peradangan pada dinding sel quells sistemik juga sebagai detoksifikasi tubuh dari polutan yang merusak.
  2. Apel, kandungan quersetin dalam apel mampu memberikan perlindungan yang kuat terhadap asma. Studi di Eropa menyatakan bahwa wanita hamil yang makan 4 apel per minggunya dapat menurunkan resiko melahirkan anak asma sampai 53 persen. Bahkan anak yang minum jus apel memiliki resiko 50 persen lebih kecil untuk terjangkit asma.
  3. Jahe, memiliki khasiat yang lebih kuat dibandingkan obat antihistamin dalam membersihkan saluran udara dan juga menghentikan peradangan. Ini karena sifat antioksidannya mampu menjadi pereda gejala asma yang tidak menimbulkan efek samping berbahaya.
  4. Kunyit, mengandung bahan aktif anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan yang bertanggung jawab dalam pembengkakan paru-paru dan konsrtruksi saluran pernafasan ketika terjadi serangan asma. Kunyit dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengendurkan ketegangan otot. Baca juga Obat Alami Penyakit Asma.
  5. Bayam, asupan tinggi yang terdapat pada bayam berhubungan langsung dengan berkurangnya resiko asma. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C, beta karoten, vitamin E, dan magnesium yang terkandung di dalamnya.
  6. Kubis, juga sangat bermanfaat sekali untuk memblokir radikal bebas yang bertanggung jawab terhadap kontraksi otot polos di saluran pernapasan bagian dalam. Kubis juga sebagai sumber fitokimia beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang bisa mencegah dan mengurangi gejala asma.
  7. Yogurt, mengandung probiotik yaitu bakteri menguntungkan yang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga mampu mengurangi reaksi alergi. Kandungan probiotik yang terdapat pada yogurt bisa digunakan penderita asma untuk mengurangi rasa alergi pada saluran pernafasanya.
  8. Kopi, zat yang diketahui terkandung dalam kopi adalah zat kafein.Ternyata kandungan kafein yang ada pada kopi dapat membuat tabung bronkial terbuka atau relaksasi dalam jangka waktu empat jam.

Mudah bukan untuk mencegah dan mengurangi gejala asma yang diderita? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam menghadapi penyakit asma.

sumber : www.nhlbi.nih.gov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *