Khasiat Obat Herbal Untuk Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup setiap orang. Tidaklah mungkin bagi kita untuk melakukan semua aktifitas kita sehari-hari jika kondisi tubuh kita kurang sehat ataupun sakit. Ketika kita jatuh sakit, pergi berobat ke dokter terdekat bisa jadi pilihan yang paling umum di masyarakat kita. Biasanya, kita disarankan untuk mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu demi memerangi penyakit yang kita derita serta mengembalikan kondisi badan kita yang sehat. Selain obat-obatan yang biasa kita dapatkan dari dokter maupun apotek, saat ini, kita juga memiliki opsi lain yang tak kalah hebatnya dengan obat kimia. Obat herbal disinyalir sebagai solusi yang lebih baik bila dibandingkan dengan obat kimia. Dengan berkembangnya industri obat herbal pada saat ini, jenis obat herbal kian bervariasi. Jika dulu kita hanya mengenal obat herbal mujarab bagi jenis penyakit tertentu saja, sekarang ini hampir semua penyakit bisa diobati dengan obat herbal. Apa sebenarnya obat herbal mujarab itu? Serta apa sajakah khasiat dari jenis obat ini? Mari kita lihat dalam beberapa alinea di bawah ini.

Pengertian Obat Herbal Mujarab

Hampir semua orang telah mengenal obat kimia yang kini tersedia dimana-mana. Obat jenis ini memang memiliki kapasitas yang sangat baik dalam mengobati segala macam penyakit yang kita derita. Namun, dibalik kemampuan yang luar biasa itu, obat kimia memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh kita. Oleh karena itu, kebanyakan orang sakit yang mengkonsumsi obat kimia membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali pulih seperti sedia kala. Terlebih lagi, obat kimia yang berkhasiat sangat dahsyat terkadang ditawarkan dengan harga selangit sehingga tidak semua orang bisa mendapatkan obat tersebut. Mungkin hal inilah yang mendasari semakin berkembangnya obat herbal. Selain memiliki harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan obat kimia, mengkonsumsi obat herbal mujarab tidak akan diikuti oleh efek samping yang bagi tubuh kita.

Obat herbal mujarab adalah obat yang terbuat dari berbagai macam tumbuhan berkhasiat. Tumbuhan alami yang ada di alam sekitar kita diproses atau diekstrak sedemikian rupa sehingga lebih mudah bagi kita untuk mengkonsumsinya. Sebagian obat herbal yang tersedia di toko-toko sudah dalam bentuk pil atau serbuk. Ada sebagian lagi yang diproses hingga berbentuk cairan seperti halnya obat masuk angin cair yang begitu mudah untuk kita dapatkan. Semua proses yang ada dalam membuat obat herbal sama sekali tidak menggunakan zat kimia. Oleh karena itu, obat jenis ini jauh lebih aman dari jenis obat lainnya. Mengkonsumsi obat herbal bukan berarti Anda harus pergi ke hutan belantara ataupun kebun di dekat rumah Anda untuk mendapatkan dedaunan layaknya jaman dahulu kala. Saat ini, obat herbal telah dikemas sedemikian rupa sehingga Anda tak perlu repot lagi berperilaku layaknya seorang tabib.

Dengan bahan-bahan alami yang terdapat di dalam obat herbal mujarab, efek samping yang timbul menjadi sangat minim. Lain halnya dengan obat kimia atau sintetis yang tentu saja memiliki efek samping beragam bagi tubuh kita. Efek samping ini bisa saja muncul dalam waktu yang dekat maupun terasa nanti setelah jangka waktu yang lama. Terlebih lagi, ada sebagian dari kita yang memiliki reaksi alergi terhadap jenis obat kimia tertentu sehingga kita mesti lebih berhati-hati dalam penggunaan obat jenis ini. Obat kimia disarankan dikonsumsi ketika kita sakit saja. Sebaliknya, selain bisa digunakan untuk mengobati suatu penyakit, obat herbal juga bisa Anda konsumsi demi menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Jenis-Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Obat Herbal Mujarab

Negara kita adalah negara agraris yang sangat kaya sumber daya alam. Bukan saja bumi kita memiliki kandungan emas, minyak ataupun batubara yang begitu banyak, negara kita juga sangat kaya akan rempah-rempah serta bermacam-macam tanaman yang bermanfaat. Tanaman- tanaman ini ternyata bisa dimanfaatkan layaknya obat dalam memerangi berbagai jenis penyakit. Sudah sejak lama, tanaman herbal atau tanaman obat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dengan jumlah penelitian yang terus berkembang mengenai tanaman obat yang ada di negeri kita, kepercayaan nenek moyang kita sekarang semakin terbukti. Maka dari itu, khasiat obat herbal mujarab bukan lagi mitos tanpa dasar.

Obat herbal begitu banyak macamnya. Hampir semua jenis penyakit yang ada bisa kita obati dengan obat herbal. Obat herbal tak hanya digunakan untuk mengobati penyakit ringan saja, sejumlah penyakit berat pun saat ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat herbal mujarab. Obat jenis ini bisa terbuat dari satu jenis tanaman obat saja. Sementara obat herbal lainnya terbuat dari campuran sejumlah tanaman herbal yang berkhasiat. Ada begitu banyak jenis tanaman obat yang bisa menjadi bahan pembuat obat herbal. Setiap jenis tanaman obat memiliki manfaat serta khasiatnya sendiri.

  1. Seledri

Tanaman obat yang sering menjadi bahan obat herbal mujarab adalah seledri. Tanaman obat ini memiliki nama latin Apium Graviolens dan bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat. Selain itu, seledri bisa juga bermanfaat bagi tubuh Anda karena memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sebagian dari kita mungkin terbiasa mengkonsumsi seledri secara langsung dengan menambahkannya pada makanan kita. Seledri bisa menjadi penyedap rasa alami yang sehat dan tak berbahaya. Namun, bagi mereka yang memiliki dalam mencium bau khas dari seledri apalagi mengkonsumsinya secara langsung, saat ini sudah tersedia beberapa obat herbal mujarab yang terbuat dari seledri dalam bentuk yang lebih mudah dikonsumsi.

  1. Buah Mengkudu

Beberapa tahun yang lalu, banyak orang yang mempertanyakan manfaat dari mengkonsumsi buah mengkudu pada kesehatan tubuh manusia. Namun hingga saat ini, buah ini sudah terbukti memiliki khasiat yang luar biasa dalam memerangi beberapa penyakit yang berbahaya seperti salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

  1. Lidah Buaya

Mungkin sebagian dari kita sudah sangat familiar dengan manfaat tumbuhan ini bagi keindahan rambut kita. Lebih dari itu, ternyata kandungan yang ada di dalam lidah buaya bisa membantu dalam mengobati penyakit kanker. Penelitian mengenai hal ini masih terus dikembangkan oleh para ahli. Bahkan saat ini, lidah buaya atau yang lebih dikenal sebagai aloe vera dapat dikonsumsi lebih mudah karena sudah tersedia dalam bentuk minuman kemasan dan telah tersedia di pelosok negri. Konsumsi rutin minuman lidah buaya yang alami dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Selain tanaman obat yang tertera diatas, masih banyak lagi tanaman herbal lainnya yang bisa dibuat menjadi obat herbal diantaranya buah belimbing (Averrhoa Carambola), temulawak (Curcuma Xanthorrhiza), daun dewa (Gynura Divaricata), Jarak (Ricinus Communis) dan lain sebagainya. Nampaknya hidup kita akan semakin dihiasi oleh lebih banyak lagi obat herbal mujarab. Obat-obatan alami jenis ini mungkin saja bisa menjadi primadona di bidang kesehatan dibandingkan obat jenis lainnya. Selain khasiatnya yang luar biasa, harganya yang sangat terjangkau bisa menjadi faktor utama yang menjadi daya tarik obat ini. Keunggulan lainnya dari obat herbal adalah tidak memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh karena keseluruhan bahan terbuat dari alam. Itulah bahan-bahan alami yang dapat dijadikan obat herbal untuk mejaga kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

sumber: www.diherbal.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *